Pemkab Barito Utara akan Tingkatkan BBI Lahei

  • Oleh Ramadani
  • 13 Desember 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemkab Barito Utara pada 2020 akan menggenjot peningkatan Balai Benih Ikan atau BBI Lahei di Desa Lahei I, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati barito Utara, Sugianto Panala Putra usai melakukan peninjuan BBI Lahei sekaligus restocking benih ikan ke DAS Barito, Jumat 13 Desember 2019.

Menurut Sugianto Panala Putra, BBI Lahei I ini dulunya sangat terkenal pada jaman bupati Drs H Adj Nihin. Namun setelah beberapa tahun BBI ini kian meredup.

“Sejak bupatinya bapak H Nadalsyah, banyak pemikiran-pemikiran dan program-program yang harus ditingkatkan, dismpingi segala infrastruktur, jalan dan jembatan. Termasuk juga masalah perikanan ini,” kata Sugianto.

Program perikanan ini, kata dia, juga pernah diutarakan. Karena pengembangan bibit ikan di BBI ini terlihat mati suri dan tidak ada perkembangannya. Dan pada tahun ini akan kita tingkatkan kembali sesuai dengan petunjuk Bupati Barito Utara.

“Pak Nadalsyah menugaskan saya untuk memonitor, bisa melihat khususnya di sektor perikanan dan pariwisata. Dan pada hari ini saya turun langsung ke lapangan, ternyata kondisi dilapangan seperti ini keadaanya. Sektor perikanan ini perlu kita tingkatkan dan menyesuaikan kebutuhan-kebutuhan di masyarakat cukup tinggi,” katanya.

Dikatakannya, pada tahun 2020 nantinya, kita akan mencurahkan perhatian pada sektor perikanan ini. Sebab sektor perikanan ini sangat dibutuhkan masyarakat luas. Untuk itu perlu persiapan untuk memajukan sektor perikanan ini. Dan masih banyak yang harus dibenahi di BBI Lahei ini.(RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru