Dorong Ekonomi Kreatif dan UMKM Kobar, Pasar Malam Digelar 2 Kali Sebulan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 13 Desember 2019 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna mendorong berkembangnya ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kotawaringin Barat (Kobar), ajang pasar malam yang digelar di beberapa kelurahan/desa sejak beberapa bulan belakangan, akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kobar Nurhidayah dalam pembukaan Pasar Potang dengan tagline Berumpak Kula Becari Jolu di Jalan Pramuka, Desa Pasir Panjang, Jumat, 13 Desember 2019.

"Seperti yang sudah sering disampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong  dikembangkan ekonomi kreatif masyarakat terutama di sektor sektor UMKM. Jadi direncanakan kegiatan ini bakal dlaksanakan 2 kali dalam sebulan ditempat yang berbeda," jelas Bupati.

Kemudian, lanjut Bupati, pemilihan nama kegiatan sengaja dipilih dengan bahasa daerah setempat untuk mengangkat kearifan lokal.

"Pemilihan nama unik dalam kegkatan pasar malam ini merupakan upaya kita menonjolkan budaya lokal. Lantaran Kabupaten Kobar sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Harapannya budaya masyarakat lokal, bisa semakin terangkat dan kedepan menjadi salah satu daya tarik wisatawan datang ke Kobar, selain mengunjungi  objek wisata utama yaitu Taman Nasional Tanjung Puting," jelas Bupati.

Selain itu menurut Bupati, kegiatan ini juga sebagai wadah interaksi antar masyarakat pada akhir pekan.

"Namun jangan lupa, bagi para pedagang diharapkan kesadarannya untuk menjaga kebersihan dan bisa menyediakan tempat sampah bagi para pembeli untuk membuang bungkus bekas makanan. Sehingga pedagang dan  masyarakat bisa menikmati suasana pasar malam dengan nyaman," jelas Bupati. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru