Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Pesan Wakil Ketua DPRD Gunung Mas untuk Damang Kepala Adat

  • Oleh Hendra
  • 14 Desember 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Wakil Ketua DPRD Gunung Mas, Neni Yulianti meminta empat Damang Kepala Adat yang baru dilantik, agar menjaga wibawa adat istiadat Dayak di Kalimantan Tengah. 

"Damang kepala adat harus mampu menjaga adat istiadat Dayak di Kalimantan Tengah, khususnya di Gunung Mas," kata Neni Yulianti, Sabtu, 14 Desember 2019.

Dia mengatakan, damang mempunyai peran penting dalam menegakkan hukum adat. Damang juga harus menjaga kewibawaan adat dalam memecahkan persoalan. 

Damang kepala adat harus tetap membawa falsafah Huma Betang yang terus mengelorakan semangat Isen Mulang.

"Falsafah Huma Betang sangat penting bagi kemajuan warga Dayak. Jangan sampai meninggalkan unsur dan inti pokok adat istiadat di Kalimantan Tengah," tegasnya. 

Dia juga berharap damang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan serta berkoordinasi dengan unsur terkait, baik pemerintah daerah maupun organisasi lain, untuk menjaga konteks persatuan dan kesatuan.

"Saya harap damang dapat mejalankan tugas dan tanggungjwabnya dengan baik dan dapat bekerjasama dengan pemerintah, terlebih dalam memberikan pengetahuan dan informasi bagi masyarakat. Seperti prosesi adat maupun hal lainnya," tuturnya. (HENDRA/B-11)

Berita Terbaru