Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menpora Malaysia Minta Maaf Secara Resmi

  • Oleh Inilah.com
  • 15 Desember 2019 - 08:52 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia telah menerima surat resmi permintaan maaf dari Menteri Belia dan Sukan (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq bin Sayed Abdul Rahman, terkait insiden suporter.

Dalam surat resmi tersebut disebutkan Pemerintah Malaysia telah menyampaikan laporan kejadian yang menimpa suporter Indonesia di Kuala Lumpur kepada Kepolisian Diraja Malaysia.

Menpora Malaysia juga meminta kepolisian setempat untuk segera mengusut tuntas masalah tersebut dengan meminta fans Indonesia korban pengeroyokan memberikan keterangan dan kesaksian sehingga terduga pelaku bisa segera diproses secara hukum.

"Bagi Kemenpora dengan adanya surat balasan tersebut, sudah cukup sebagai indikasi konkret iktikad baik Pemerintah Malaysia untuk menyelesaikan masalah karena permintaan maaf secara tertulis sudah dipenuhinya," isi pernyataan Kemenpora RI yang diterima INILAHCOM, Sabtu 14 Desember 2019.

"Meskipun pada awalnya hanya permintaan maaf secara lisan dan itu pun hanya disampaikan melalui media sosial pada tanggal 24 November 2019," lanjut isi pernyataan.

Kemenpora RI mendesak Pemerintah Malaysia menyelesaikan kasus kekerasan yang dialamin suporter Timnas Indonesia di Bukit Jalil hingga tuntas. Kemenpora menilai hal tersebut merupakan bentuk komitmen hubungan diplomatik kedua negara di Asia Tenggara.

"Dalam kesempatan ini, Kemenpora berharap agar polemik masalah yang pernah terjadi menjelang pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia 19 November 2019, segera berakhir dan berharap agar kejadian perseteruan antar sejumlah pihah suporter saat kedua Timnas bermain tidak terulang kembali baik di Indonesia maupun di Malaysia."

"Untuk itu kedua negara dengan melibatkan unsur pejabat pemerintah, federasi sepakbola dan perwakilan suporter untuk segera duduk bareng membahas upaya untuk memitigasi hal-hal destruktif di masa depan dapat diminimalisasi," demikian pernyataan Kemenpora.

Pada 19 November 2019 beredar video aksi pengeroyokan yang dilakukan sejumlah orang diduga pendukung Timnas Malaysia kepada beberapa suporter Timnas Indonesia di sebuah jalanan.

Insiden tersebut diklaim terjadi sebelum laga kualifikasi Piala Dunia 2022 yang mempertemukan tuan rumah Malaysia melawan Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Berita Terbaru