Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Erick Dorong Milenial Berakhlak Jadi Bos BUMN

  • Oleh Inilah.com
  • 15 Desember 2019 - 09:56 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir, menginginkan generasi muda milenial memiliki kompetensi yang memadai agar mampu menjadi unsur pimpinan di perusahaan BUMN.

Dalam Milenial Fest di Jakarta, Sabtu 14 Desember 2019, Erick menganggap posisi pimpinan BUMN sebaiknya diisi oleh figur muda bertalenta.

Setidaknya, pimpinan BUMN, diharapkan Erick, berusia di kisaran 45 tahun dan memiliki kompetensi, integritas, dan rekam jejak pengalaman yang mumpuni.

Namun dia menegaskan BUMN tetap membutuhkan figur senior untuk duduk sebagai mentor atau komisaris di perusahaan BUMN.

"Kalau bisa yang usia 46 tahun. Wamen (Wakil Menteri) saya Pak Tiko (Kartika Wirjoatmodjo) lebih muda dari saya. Nah kita coba ada peningkatan hal-hal seperti itu," ujar Bos Mahaka Grup ini.

Menurut Erick, figur muda atau dari kalangan milenial akan mampu membawa inovasi dan perubahan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Sebaliknya, figur muda sebagai pemimpin di BUMN tetap membutuhkan figur senior yang kaya pengalaman untuk menjadi mentor atau pendamping. Maka itu, figur senior diharapkan dapat mengisi posisi komisaris di perusahaan BUMN.

"Tetap yang para senior kita, yang bagus, banyak sekali figur-figur yang bagus, di komisaris maupun di kementerian BUMN. Yang senior kita jadi menteri tidak apa-apa. Tapi yang mendobrak yang kerja biar yang mudaan lah," ujarnya.

Erick menganggap figur muda yang kompeten, tidak hanya diukur dari kapasitas dan pengalamannya. Namun juga dari sisi integritas. Dia menyebut figur yang kompeten memimpin BUMN harus memiliki akhlak yang baik.

"Terakhir, mencari orang-orang yang 'capable' yang terutama akhlaknya dulu," ujarnya. Dia menjelaskan, akhlak menjadi hal yang penting untuk memimpin BUMN. Hal itu karena sosok pemimpin BUMN akan dikelilingi banyak godaan ketika dia menjabat.

Berita Terbaru