Sungai Katingan Mulai Pasang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Desember 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sungai Katingan di Kabupaten Katingan saat ini mulai pasang. Hal ini karena curah hujan sejak beberapa hari terakhir mulai meningkat.

Dari pantauan borneonews.co.id Minggu, 15 Desember 2019 di Sungai Katingan bawah Jembatan Sei Katingan juga menunjukan peningkatan debit air sungai yang bertambah pasang dari sebelumnya.

Sejak sepekan terakhir curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan menunjukan peningkatan dibanding sebelumnya, termasuk di Kota Kasongan Ibu Kota Kabupaten Katingan.

Selain di Kasongan Kecamatan Katingan Hilir, intensitas hujan yang mulai tinggi juga terjadi di wilayah Pendahara Kecamatan Tewang Sanggalang Garing. Selain itu juga berada di Buntut Bali Kecamatan Pulau Malan, Petak Bahandang Kecamatan Tasik Payawan dan Baun Bango Kecamatan Kamipang.

Pasangnya Sungai Katingan ini membuat sejumlah pemilik atau petani keramba ikan di Sungai Katingan wilayah Kasongan kembali bergairah untuk menabur benih ikan pasca musim musim kemarau yang menyebabkan sungai surut.

"Sekarang harga ikan keramba sedang bagus, mudah-mudahan lima atau enam bulan kedepan harganya tetap tinggi," harap Iwan, salah seorang pemilk keramba ikan di Sungai Katingan.

Pasalnya, kata dia biasanya saat musim panen harga ikan keramba naik turun bahkan cenderung anjlok. Iwan mengaku saat musim kemarau kemarin dirinya sempat menunda menabur benih ikan di kerambanya. Sebab Sungai Katingan tempat keramba ikannya saat itu surut dan baru kali ini keramba ikannya mulai diisi.

Sungai Katingan yang pasang biasanya juga dimanfaatkan pihak hak pengusahaan hutan atau HPH yang menanamkan modalnya di Kabupaten Katingan memilirkan kayu loga rakitnya menuju Laut Jawa. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru