Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Kebijakan Pemerintah Pusat Soal Pendidikan

  • Oleh Naco
  • 15 Desember 2019 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kotawaringin Timur, Parimus mendukung kebijakan pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan yang menghapus kewajiban guru mengurus adminitrasi dan kelengkapan lainnya. 

Pasalnya, kata dia beberapa tahun terakhir ini tugas guru seakan-akan berubah menjadi seseorang administrator yang berkutat menyusun adminitrasi saja.

“Belakangan ini saya banyak menerima keluhan guru-guru di mana mereka dibebankan urusan adminitrasi," kata dia, Minggu, 15 Desember 2019.

Itu seakan-akan menjadi urusan wajib sehingga terkadang kewajiban utama mengajar dan mendidik siswa ini bisa terabaikan oleh gara-gara persoalan itu.


Seharusnya kata dia, guru sejak awal di fokuskan untuk mengajar jangan dikejar urusan adminitrasi yang kadang  merepotkan. Sejatinya tugas guru adalah mendidik siswa dengan sebaik-baiknya. 

Seharusnya tugas guru lebih banyak bersama siswa agar proses pendidikan yang berkualitas. Sehingga berbagai urusan administrasi seperti kenaikan pangkat, sertifikasi, pencairan tunjangan profesi guru (TPG), inpassing bagi guru swasta dan lainnya bukan urusan mereka.

Guru yang harusnya fokus mengajar dan memperkuat pendidikan karakter masih dijejali dengan urusan administrasi. Alhasil perhatian guru terpecah belah. 

“Kembalikan guru kepada fungsi awal agar ia banyak waktu bersama anak didiknya. Jangan ditambah-tambah tugas lain," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru