Sebagai Transparansi, Laporkan Penggunaan Keuangan Desa Kepada Warga

  • Oleh Naco
  • 15 Desember 2019 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Agus Seruyantara   mengingatkan seluruh pemerintahan desa untuk bisa menyampaikan laporan penggunaan keuangan desa bersumber dari dana desa kepada warga desa setempat. Ini sebagai bentuk transparansi.

Laporan itu bisa disampaikan setiap berakhirnya tahun anggaran. Hal ini sebagai bentuk transparansi publik untuk penggunaan keuangan  desa.

Menurut Agus, publikasi  berkaitan dengan keuangan desa tidak hanya sebatas soal penggunaan tetapi juga dari komposisi awal dana desa. 

"Misalkan pendapatan itu harus jelas dan hingga rencana belanja dana desa. Itu harus dipublikasi diawal tahun anggaran dana desa supaya terbuka dan transparan,” kata dia, Minggu, 15 Desember 2019.


Menurutnya, hal semacam itu harus dilakukan. Suka tidak suka kepala desa dan jajarannya harus memberikan informasi yang terbuka kepada warganya. 

Hal ini guna menghindari kecurigaan masyarakat. Karena kalau sudah di publikasi tidak ada lagi yang akan menerka-nerka atau curiga.

"Makanya untuk menghindari tuduhan korupsi dana desa publikasi semua anggaran itu secara transparan," tegas politikus PDI Perjuangan  Kotim itu.(NACO/B-5)

Berita Terbaru