Lansia Minta Diberdayakan, Apa Kata Distanak Barito Timur?

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Desember 2019 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Rustini, Seorang petani lanjut usia (Lansia) di Desa Tampa Kecamatan Paku meminta pemerintah melalui Distanak Barito Timur agar memberdayakan lansia yang ada di Desa Tampa.

"Kami lansia tidak lagi mampu kerja ke mana-mana, kami tidak bisa kerja jauh lagi, karena itu kami usulkan agar kami lansia dibantu bibit ayam, itik atau ikan beserta fasilitas pendukungnya supaya kami bisa kerja di rumah," kata Rustini saat menerima kunjungan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Barito Timur di Desa Tampa, Minggu, 15 Desember 2019.

Dia ingin bersama lansia yang lain di Desa Tampa tetap produktif meski sudah tidak dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berat atau jauh dari rumah.

Menanggapi itu, Kepala Distanak Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi menjanjikan untuk membantu para lansia lewat program yang dimiliki oleh Distanak pada tahun 2020.

"Kita menghargai usulan ibu-ibu lansia tadi dan jangan kita memandang mereka tidak berdaya sekalipun mereka tidak lagi bisa pergi jauh dalam berusaha tani, tahun 2020 kita akan berikan 10 ekor ayam petelur untuk setiap lansia supaya diternakkan dan kita bantu pakannya selama 2 bulan sampai ayam tersebut mulai bertelur," janjinya.


Namun Riza meminta kepada Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) maupun penyuluh yang bertugas di Desa Tampa agar terlebih dahulu mendata lansia yang akan dibantu serta membentuk kelompok tani.

"Nanti petani hanya perlu menyiapkan kandang ayamnya," pungkas Riza. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru