Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inventarisasi Potensi Wisata, Bupati Kobar Kunjungi Desa Sekonyer

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 Desember 2019 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna menginventarisasi potensi wisata sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat, Bupati Kobar Nurhidayah kunjungi Desa Sekonyer Kecamatan Kumai.

Kepada www.borneonews.co.id, Senin, 16 Desember 2019  Bupati menjelaskan dalam kunjungan yang dilaksanakan Minggu, 15 Desember 2019 ini pihaknya mendapatkan masukan yang berguna bagi pembangunan Kabupaten Kobar, khususnya Desa Sekonyer.

"Karena Desa Sekonyer merupakan desa penyangga Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) sehingga memiliki potensi besar menjadi salah satu destinasi wisata," jelas Bupati.

Terlebih, lanjut Bupati, bulan November 2019 ini kegiatan susur Sungai Sekonyer menempati peringkat ke-3 diantara 10 nominator yang ditetapkan di kategori wisata air terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia merupakan Ajang Pariwisata Terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI.

"Karena itulah dalam kunjungan itu turut serta Kepala Dinas Pariwisata serta yang terkait, agar memgetahui secara langsung apa yang diperlukan untuk memajukan desa tersebut. Sehingga berbagai hal yang diperlukan bisa dicatat untuk doagendakan dalam pembahasan anggaran tahun 2021," jelas Bupati.

Bukan itu saja, lanjut Bupati, berbagai kendala yang dihadapi masyarakat seperti ketidaktersediaannya listrik dari pagi hingga sore, kurangnya tenaga pendidik serta akses jalan menuju Desa tersebut juga menjadi perhatian pihaknya.

"Secara bertahap kita akan mencari jalna untuk mengatasi persoalan tersebut. Karena kedepan dengan banyaknya potensi yang ada di desa itu, nantinya Desa Sekonyer bakal dikembamgkam menjadi desa wisata," jelas Bupati.

Bupati mengatakan untuk itulah lihaknyanmengajak seluruh stakeholder agar bersama-sama membangun potensi wisata yang ada di Kobar khususnya di Desa Sekonyer.

"Selain membangun sarana dan prasarana pendukung, tentunya masyarakat setempat juga perlu diberikan edukasi dan pendampingan agar mereka semakin sadar wisata," jelas Bupati. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru