Pemkab Kobar Gelar Rakor Tindaklanjuti Kunjungan Bappenas

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 Desember 2019 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai tindak lanjut dukungan Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) pada kawasan industri Surya Borneo Industri (SBI) di Tempenek, Kecamatan Kumai, Pemkab Kobar menggelar rapat koordinasi (rakor) internal di ruang rapat Bupati, Senin, 16 Desember 2019.

Bupati Kobar Nurhidayah menjelaskan, rakor tersebut untuk menindaklanjuti hasil kunjungan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) ke kawasan Industri Surya Borneo Industri (SBI) Tempenek, Kecamatan Kumai, 9 Desember 2019.

"Intinya Pemkab Kobar terus mensupport adanya kawasan industri tersebut dalam hal infrastruktur, berupa ketersediaan jalan dan pengerukan alur laut dan lain sebagainya," jelas Bupati.

Namun, lanjut Bupati,  lantaran kewenangan hal tersebut berada di tingkat pusat, maka bentuk support yang diberikan oleh Pemkab Kobar dalam bentuk usulan-usulan melalui semua jalur yang memungkinkan infrastruktur tersebut dapat tercapai.

"Karena di Pulau Kalimantan terdapat 9 kawasan industri strategis, dimana salahsatunya adalah di kawasan industri di Tempenek, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar," jelas Bupati.

Bupati mengatakan, inilah yang menjadi tantangann daerah untuk  melakukan support infrastruktur yang diperlukan bagi kesejahteraan masyarakat.

"Karena setelah pertemuan antara Pemkab Kobar dan pihak Bappenas terdapat celah yang bisa dikatakan menjadi pekerjaan rumah bagi daerah. Misanya perintah pusat menunggu usulan apa yang diperlukan setelah itu apa yang bisa dikerjakan pusat dan apa yang  mungkin ditindaklanjuti oleh daerah. Hal tersebut terkait dengan pembangunan infastruktur pendukung seperti jalan, penerbangan dan alur laut," jelas Bupati. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru