Kepala BPKP Kalteng Kunjungan Kerja ke Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Desember 2019 - 18:12 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Setia Pria Husada melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Barito Timur, Senin, 16 Desember 2019.

Kunjungan ini untuk memperkenalkan peran BPKP dalam membantu perintah daerah guna membangun akuntabilitas laporan keuangan, sehingga semakin baik dan kerja sama ditingkatkan.

"Sebenarnya kerja sama sudah bagus, nanti kita tingkatkan lagi tahun depan," kata Setia usai pertemuan dengan Bupati Barito Timur.

Setia yang dalam kunjungannya diterima langsung oleh Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas dan kepala SOPD mengaaku optimistis pada 2020 banyak hal yang bisa dikerjakan bersama Pemerintah Kabupaten Barito Timur.

"Kami lihat tadi luar biasa komitmen dari Pak Bupati, Sekda dan kepala SOPD -nya, jadi kami optimistis tahun depan mulai dari perencanaan e-planing, e-budgeting dan reporting sudah terintegrasi sistemnya, Jadi benar-benar nanti terkendali dan transparan pengelolaan keuangannya," imbuhnya.

Dia juga mengungkapkan Barito Timur merupakan kabupaten yang pertama di Kalimantan Tengah dan paling siap untuk diintegrasikan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA).

Bupati mengatakan BPKP akan mendampingi Pemerintah Kabupaten Barito Timur mulai tahun depan akan mengintegrasikan aplikasi SIMDA mulai dari perencanaan, penganggaran hingga pelaporan.

Tujuannya menyediakan data base mengenai kondisi daerah yang terpadu dari aspek keuangan, aset daerah, kepegawaian/aparatur daerah maupun pelayanan publik yang dapat digunakan untuk penilaian kinerja instansi pemerintah daerah.

"Penggunaan aplikasi SIMDA juga untuk menghasilkan informasi yang komprehensif, tepat dan akurat kepada manajemen pemerintah daerah, informasi ini dapat digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru