Libur Natal dan Tahun Bura, Wisatawan Dipastikan Membludak di Kalteng

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 16 Desember 2019 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Liburan Natal 2019 dan tahun baru 2020 dimungkinan banyak wisatawan mendatangi sejumlah tempat wisata di Kalteng. Prediksi ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Guntur Talajan, Senin 16 Desember 2019.

“Kalau dilihat masa libur tahun kemarin, kenaikan kunjungan wisatawan itu sampai dua kali lipat dari hari biasa. Khusus di Palangka Raya, Kobar maupun obyek wisata di Kotim peningkatan hampir di semua lokasi wisata,” ujarnya.

“Kenaikan itu bisa sampai dua atau tiga kali lipat dari biasanya. Seperti kita lihat pada obyek wisata Air Hitam Palangka Raya maupun Taman Nasional Sebangau,” tambahnya.

Melonjaknya wisatawan nusantara maupun mancanegara sangat dibutuhkan sebuah persiapan yang matang dalam pelayanan serta pembenahan berbagai fasilitas yang ada.

"Orang bisa betah dan mencintai wisata di Kalteng jika pelayanan yang diberikan sangat bagus. Itu hal utama yang harus diperhatikan oleh para pelaku usaha pariwisata,"pintanya.

Dia menyebut selain standar pelayanan yang harus sesuai operasional serta bernuansa humanis, para pelaku usaha wisata juga bisa berkreatif agar para wisatawan tidak mengalami kejenuhan.

"Kreatif itu penting. Jangan dari tahun ke tahun hanya yang itu-itu saja sajian makanan khasnya. Itu-itu saja model dan bentuk pelayananya. Coba kreatif dan bernuansa budaya lokal," bebernya.

Selain itu, berkaitan dengan wisata air dan menggunakan berbagai transportasi air sangat diharapkan para pelaku usaha menjaga keselamatan wisatawan sehingga memberi kesan baik bagi wisatawan itu sendiri. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru