Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabareskrim Listyo Sigit Prabowo Soal Bicara Kasus Novel Baswedan

  • Oleh Tempo.co
  • 17 Desember 2019 - 07:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Inspektur Jenderal Listyo Sigit Prabowo baru saja dilantik sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal atau Kabareksrim Polri menggantikan Jenderal Idham Azis yang belum lama ini ditabalkan menjadi Kapolri. Pada masa awal kepemimpinannya, Listyo memiliki pelbagai target kerja. Salah satunya menuntaskan pengusutan kasus Novel Baswedan.

“Begitu saya masuk (Bareskrim), nanti saya konsolidasikan,” ujar Listyo dalam wawancara khusus bersama Majalah Tempo, Jumat, 12 Desember 2019.

Listyo mengakui, persoalan yang mendera Novel Baswedan merupakan ranah tugas Bareskrim. Saat ini pun, menurut dia, proses pengungkapan kasus Novel sudah diproses oleh kepolisian.

Kepolisian juga telah membentuk tim teknis yang bekerja secara khusus untuk menginvestigasi dugaan adanya pelanggaran hak asasi manusia. “Tim teknis sudah bekerja,” ucapnya.

Kasus penyiraman air keras terhadap Novel telah lebih dua tahun berlalu, tapi belum diketahui siapa pelakunya. Kuasa hukum Novel, Saor Siagian, menyatakan telah menaruh harapan besar kepada Listyo untuk segera menuntaskan kasus kliennya.

Ia percaya, Listyo yang sebelumnya menjabat sebagai mantan ajudan Presiden Joko Widodo alias Jokowi, dapat mengungkapkan kasus Novel Baswedan dengan leluasa. Sebab, ia memperoleh bekingan langsung dari presiden.

"Dia (Sigit) di-backup oleh presiden. Saya kira, beliau diberi kesempatan mengungkap kasus ini. Kami harap, dia bisa bisa berani," ujar Saor pada Ahad, 8 Desember 2019 lalu.

Tak senada dengan Saor, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menilai, embel-embel bekas ajudan presiden tak memengaruhi Kabareskrim bisa atau tidak mengungkap kasus ini. "Soal mampu tidak mampu bukan soal pernah atau tidak jadi ajudan presiden. Itu hanya terkait bisa tidak menangkap pesan presiden dan mengeksekusinya secara maksimal," ujar ujar Anam.

TERAS.ID

Berita Terbaru