Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sistem Elektronik Hemat Biaya ATK Pemkab Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Desember 2019 - 11:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemanfaatan sistem elektronik dalam berbagai bidang di lingkup Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim) dinilai menghemat penggunaan dana untuk alat tulis kantor (ATK). 

"Alhamdulillah sistem elektronik ini membuat pengeluaran biaya ATK menurun drastis. Bahkan lebih dari 70%," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Selasa, 17 Desember 2019. 

Ia menerangkan, sebelum adanya sistem elektronik yang dijalankan oleh seluruh Satuan Organisasi Prangkat Daerah (SOPD) di Kotim ini. Anggaran untuk biaya ATK berkisar antara Rp 17 miliar hingga Rp 18 miliar. 

Sedangkan saat ini untuk seluruh SOPD, biaya ATK hanya Rp 3 miliar saja. Penghematan anggaran ini sudah terjadi sejak 2 tahun terakhir. Dan hal itu tentunya sangat memberikan dampak positif terhadap penggunaan APBD Kotim. 

"Memang munculnya media baru atau era digital memberikan kemudahan. Sehingga hal itu harus dimanfaatkan agar bisa mempercepat dan mempermudah birokrasi," kata Halikinnor. 

Dirinya juga menjelaskan, pemanfaatan era digital dengan sistem elektronik yang berbasis online, membuat borokrasi lebih cepat, tepat, efektif, dan efisien. 

Bahkan Pemkab Koitim memanfaatkan sistem elektronik tersebut, mulai dari perencanaan menggunakan aplikasi e-planning, hingga penganggaran menggunakan aplikasi e-budgeting. 

Dengan sistem aplikasi berbasis online tersebut, maka tidak ada lagi kekhawatiran masuknnya program baru ditengah jalan. Karena akan ditolak oleh sistem. Sehingga kemungkinan terjadinya penyelewengan sangat kecil. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru