Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 Puskesmas di Gunung Mas Dalam Tahap Penilaian Akreditasi

  • 17 Desember 2019 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunung Mas Maria Efianti mengatakan ada 2 dari 17 puskesmas di daerah itu yang belum terakreditasi. Namun saat ini, sedang dalam tahap penilaian oleh tim surveyor akreditasi Puskesmas. 

"Kami berharap 2 Puskesmas ini bisa lolos dan terakreditasi, sesuai dengan target kami, yaitu ke 17 Pukesmas di Gunung Mas semua terakreditasi," kata Maria di ruang kerjanya, Senin 16 Desember 2019.

Dia menjelaskan, akreditasi Puskesmas sangat penting karena untuk menjamin mutu bahwa pelayanan yang diberikan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pratama (FKTP), sudah sesuai standar. 

Akreditasi lanjutnya, untuk pembinaan dan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, seperti sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan dan program serta penerapan manajemen resiko. 

"Akreditasi Puskesmas sangat penting. Sebab, akreditasi mempunyai manfaat untuk meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, konsistensi dalam bekerja serta menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas," jelasnya. 

Selain itu, akreditasi ini memacu tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat suapaya mendapat jaminan kualitas pelayanan yang baik di Puskesmas. Oleh sebab itu, pihaknya sangat berharap kedua Pukesmas dapat lolos dari penilaian tim surveyor akreditasi Puskesmas. 

"Semoga target yang kami inginkan tercapai, sehingga peningkatan mutu pelayanan Puskesmas sebagai ujung tombak layanan kesehatan pada masyarakat dapat terwujud," tuturnya. (HENDRA/B-7)  

Berita Terbaru