Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Destinasi Wisata di Sukamara Diharapkan Tersusun Dalam Riperda

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Desember 2019 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Semua destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukamara diharapkan agar masuk dan terususun dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Riparda).

"Wilayah kita mempunyai beberapa destinasi tujuan wisata pantai, yang semuanya mempunyai keunggulan dan potensinya sendiri," ucap  Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sukamara, Zulkifli pada Ekspos Penyusunan DED Pantai Tanjung Selaka, Selasa, 17 Desember 2019.

Menurutnya, ada tiga wisata pantai yang saat ini sudah sangat dikenal masyarakat, yakni Pantai Citra yang berada di Desa Sungai Cabang Barat, Pantai Anugrah di Desa Sungai Tabuk dan Pantai Tanjung Nipah di Desa Sungai Raja.

"Oleh karena itu, saya berharap nantinya semua destinasi ini dapat tersusun dalam Riparda yang juga merupakan dokumen perencanaan pembangunan objek wisata," ujarnya.

"Riparda ini berisi tentang rencana struktur tata ruang, arahan ketentuan ruang dan pembangunan, serta indikasi program pembangunannya," terang Zulkifli.

Zulkifli menambahkan, untuk meningkatkan potensi pariwisata, diperlukannya sebuah pendekatan pembangunan disetiap daerah, seperti infrastuktur, aksesibilitas, konektivitas, aktivitas, fasilitas, perhotelan dan preferensi pasar.

"Sementara preferensi pasar ini juga meliputi pintu masuk atau pintu distribusi, pola pergerakan wisata, kesiapan dan  kepastian bisnis serta manajemen pariwisata untuk mengoptimalkan nilai ekonomi dan dampak positif untuk masyarakat bisnis dan daerah," jelas Zulkifli. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru