Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Kukuhkan Lembaga Kerja Sama Tripartit

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Desember 2019 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas mengukuhkan Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Kabupaten Barito Timur periode 2019-2022 di ruang rapat Bupati Barito Timur, Selasa, 17 Desember 2019.

Pengukuhan tersebut berdasarkan Surat Bupati Barito Timur Nomor 572 Tahun 2019 tentang Perubahan Surat Keputusan Bupati Nomor 540 Tahun 2019 tentang Pembentukan LKS Tripartit Kabupaten Barito Timur Periode 2019-2022. Lembaga ini juga diketuai langsung oleh Bupati Barito Timur.

Menurut Ampera, walaupun Kabupaten Barito Timur masih tergolong muda, namun pertumbuhan industri di kabupaten ini tergolong cepat, khususnya industri hulu.

"Kedepan kita juga mendorong penuh untuk membangun industri hilir sesuai dengan potensi sumber daya yang kita miliki," kata Ampera.

Oleh sebab itu, dia menyebut perlu adanya LKS Tripartit sebagai forum komunikasi dan konsultasi antara pengusaha dan wakil serikat pekerja, atau buruh dengan pemerintah dalam rangka hubungan industrial.

Juga untuk meningkatkan standar-standar ketenagakerjaan internasional yang bertujuan untuk memajukan kesempatan memperoleh pekerjaan yang layak dan produktif, dalam kondisi yang aman dan bermartabat.

"Masalah hubungan kerja antara pekerja atau buruh dan pengusaha bukan hanya terkait upah, aspek jam kerja atau keselamatan kerja, namun juga aspek sosiologis kemasyarakatan dan budaya yang perlu diperhatikan secara khusus," imbuhnya.

Untuk itu, Ampera merasa perlu ada rumusan kebijakan dari LKS Tripartit yang nantinya menjadi masukan bagi pemerintah dalam menetapkan kebijakan ketenagakerjaan yang berkeadilan, khususnya terkait dengan hubungan industrial.

"Dengan rumusan kebijakan, kita harapkan dapat meminimalisir persoalan yang terjadi antara serikat pekerja atau pekerja dengan pengusaha maupun pekerja dan perusahaan dengan masyarakat sekitar," ungkapnya.

Berita Terbaru