Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pendidikan Kobar Sampaikan Ada Perubahan Pelaksanaan USBN

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Desember 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kotawaringin Barat (Kobar) Rosihan Pribadi menyampaikan ada perubahan dalam pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada tahun depan. 

"Perlu diketahui oleh masyarakat, tahun 2020 Ujian Sekolah Berstandar Nasional diganti dengan ujian/assessment yang diselenggarakan hanya oleh sekolah," kata Rosihan, Selasa, 17 Desember 2019.

Ia menyampaikan hal ini setelah pada 11 Desember 2019 mengikuti rapat koordinasi atau Rakor Kadisdikbud seluruh Indonesia yang digagas Mendikbud. Ada empat arah kebijakan nasional pendidikan yang disebut Merdeka Belajar. Salah satu di antaranya adalah penggantian proses ujian para siswa.

Nantinya, lanjut Rosihan, dalam ujian tersebut guru menilai kompetensi siswanya."Penilaian dilakukan dalam bentuk tes tertulis dan atau bentuk penilaian lain seperti portofolio serta penugasan baik itu tugas kelompok, karya tulis maupun lainnya," jelas Rosihan.

Selain itu, menurut Rosihan, pada tahun 2020 menjadi tahun terakhir pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

"Tahun 2021, UN akan diubah menjadi assessment kompetensi minimum dan survey karakter yang meliputi materi literasi atau kemampuan tentang dan menggunakan bahasa, serta numerasi atau kemampuan belajar menggunakan matematika dan karakter sikap kepribadin, sesuai dengan budaya dan peraturan yang berlaku," demikian Rosihan menjelaskan. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru