Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaksanaan Perubahan USBN dan UN Tunggu Juknis Kemendikbud

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Desember 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kotawaringin Barat (Kobar) Rosihan Pribadi menyebut bahwa pelaksanaan perubahan Ujian Sekolah Berstandar Nasional  (USBN) dan Ujian Nasional (UN) masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Kemendikbud.

"Tentunya juknis tersebut akan berkaitan dengan bagaimana sistem penilaian para siswa serta bagaimana bobot soal dalam assessment yang dilakukan sekolah," kata Rosihan, Selasa, 17 Desember 2019.

Dengan adanya juknis tersebut, lanjut Rosihan, para guru tentu saja akan memiliki acuan atau dasar penilaian untuk mengukur pemberian nilai bagi siswa-siswinya. 

"Walaupun juknis masih belum dikeluarkan, kami tetap melakukan pembahasan internal antara dinas pendidikan serta dewan guru," ungkapnya.

"Tujuannya untuk mempersiapkan diri bila nantinya juknis pelaksanaan ujian yang baru sudah dikeluarkan oleh kementerian," tutur Rosihan.

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) sudah mengeluarkan program baru mengganti proses pelaksanaan ujian para siswa. Namun, saat ini hal tersebut masih belum bisa dilaksanakan karena harus menunggu juknisnya. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru