Mesin Pemindai X-Ray dan Metal Detector Dioperasikan di Pelabuhan Panglima Utar 

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Desember 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Fasilitas di Pelabuhan Panglima Utar, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus ditingkatkan. Salah satunya, mesin pemindai X-Ray dan Metal Detector yang dioperasikan.

Kepala Sub Seksi Lalu Lintas dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai, Azwar Anas, Selasa, 17  Desember 2019 menjelaskan alat itu untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang angkutan laut, khsusunya yang berangkat.

"Alat ini sekitar 2 minggu lalu sudah mulai dioperasikan. Petugas lebih mudah memeriksa barang bawaan penumpang untuk mencegah masuknya barang berbahaya dan terlarang ke dalam kapal," jelas Azwar Anas.

Terkait itu, Azwar Anas mengimbau penumpang yang bermaksud bepergian menggunakan angkutan laut agar lebih memerhatikan barang bawaannya.

"Contohnya dalam pemeriksaan x-ray benerapa hari lalu, pada tas penumpang petugas sempat menemukan senjata tajam. Bahkan ada juga yang membawa tabung gas 3 kilogram yang dikemas dalam kotak bawaan," jelas Azwar Anas.

Mencegah hal yang tidak diinginkan, barang tersebut terpaksa disita petugas dari tangan penumpang.

"Kami berharap agar masyarakat bisa memahami bahwa pemeriksaan yang dilakukan ini bukan bermaksud memersulit penumpang. Namun untuk lebih meningkatkan kualitas keamanan, ketertiban, serta kenyamanan selama penumpang bepergian menggunakan angkutan laut," jelas Azwar Anas. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru