Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Persiapan Pembangunan Eduwisata Agroforestry di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 Desember 2019 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sejumlah bibit buah produktif ditanam di Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat, dalam rangka persiapan rencana pembangunan Eduwisata Agroforesty .

Penanaman bibit tersebut bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Kapuas Kahayan dan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung (BPDAS HL) Kahayan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas, Kusmiatie mengatakan kegiatan itu ditargetkan menjadi edukasi bagi generasi muda, dalam upaya penghijauan wilayah setempat dengan buah produktif.

“Penanaman ini akan menjadi media edukasi manfaat menanam pohon dan merawatnya sebagai sedekah bumi. Manfaatnya nanti akan kembali dirasakan secara luas,” kata Kusmiatie, Selasa, 17 Desember 2019.

Dia menerangkan, melalui tanaman produktif itu memberikan keteduhan untuk lokasi sekitar dan lebih sejuk.

"Ini juga bagian dari kontribusi kita kepada makhluk Tuhan lainnya sebagai tempat berlindung satwa seperti burung, serangga, dan lainya," katanya.

Dia menjelaskan, agroforestry menjadi salah satu program yang tengah dilakukan pemerintah sebagai upaya memaksimalkan potensi SDA. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru