Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kapuas Bangun Gudang Buffer Stock dan Garasi, ini Manfaatnya

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 Desember 2019 - 18:28 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kapuas membangun gudang untuk buffer stock atau stok penyangga dan garasi, guna memperkuat sarana dan prasarana penanggulangan bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan tahap pembangunan tersebut hampir rampung, diperkirakan sebelum akhir tahun ini selesai. Sebab gudang ini menjadi salah satu syarat dari BNPB RI.

"BNPB menginginkan seluruh BPBD di Indonesia harus punya gudang berkaitan dengan buffer stock atau stok penyangga," kata Panahatan Sinaga, Selasa, 17 Desember 2019.

"Pusat menginginkan BPBD Kabupaten punya gudang sendiri. Sehingga nantinya saat ada buffer stock dikirim sudah ada tempatnya," lanjut dia.

Karena menurut dia stok baik itu berupa makanan dan lainnya terkait kebencanaan itu harus terjamin mutu, kualitas barang yang dikirim untuk disimpan di sini. Sehingga perlunya keberadaan gudang tersebut.

"Karena selama ini kita khawatirkan apabila nanti dikirim, contohnya makanan siap saji harus steril tidak boleh ada tikus dan lainnya masuk. Inikan untuk dikonsumsi. Kita coba cicil dan penuhi," katanya.

Sedangkan, untuk garasi tersebut dibangun untuk peralatan mobil tangki, mobil slip on, mobil komodo, dan sepeda motor.

"Jadi nanti terpusat satu tempat apabila ada kejadian-kejadian bisa langsung sigap karena kita 24 jam ada piket TRC. Sehingga nanti betul-betul mampu untuk penanganan bencana," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru