Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Ada Seorang Pun Bisa Menjamin Kelulusan Seleksi CPNS

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Desember 2019 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin Ramdhani, memastikan tidak ada seorangpun yang bisa menjamin kelulusan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebab, kelulusan itu ditentukan peserta sendiri. 

"Kalau ada yang menjamin bisa lulus, itu bohong. Karena yang menjamin lulus itu diri peserta itu sendiri," kata Ramdhani, Selasa, 17 Desember 2019. 

Hal tersebut harus benar-benar diperhatikan pelamar atau peserta tes CPNS. Jangan sampai mengeluarkan uang dengan jumlah besar atau kecil, hanya karena ada seseorang yang menjanjikan lulus. 

"Saya pastikan tidak ada yang bisa menjamin itu. Dan saya harap peserta tidak percaya dengan orang yang menjanjikan kelulusan," kata Ramdhani. 

Dia menerangkan, saat ini penerimaan CPNS harus melalui seleksi menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Sistem itu sangat transparan dan bisa dikontrol siapa saja. Bagkan, nilai para peserta bisa dilihat langsung di luar ruangan. 

"Tidak ada hal yang disembunyikan. Karena semuanya sudah transparan. Bahkan tidak ada yang bisa mengintervensi," kata Ramdhani. 

Dia juga meyakinkan peserta, tidak akan ada yang bisa lulus melalui bantuan orang lain. Karena semua murni hasil kinerja sendiri. 

"Sistem CAT ini diterapkan karena kami ingin mendapatkan pegawai yang profesional dan terbaik untuk membangun daerah," kata Ramdhani. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru