Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara Siapkan SDM Terampil Guna Kurangi Pengangguran

  • Oleh Ramadani
  • 17 Desember 2019 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kepala Dinas Ketanagakerjaan, Transmigrasi Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara, Tenggara mengatakan satu upaya menekan dan bahkan mengurangi angka pengangguran adalah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan sesuai keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia usaha.

Hal ini dia sampaikan saat penutupan penyelenggaraan program pemagangan dalam negeri kejuruan mekanik alat berat dan administrasi perkantoran, Selasa 17 Desember 2019.

Menurutnya pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan jasa di perusahaan dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

“Dengan telah berakhirnya kegiatan ini, maka kita berhadap peserta telah menguasai dan memiliki keterampilan serta kompeten dalam bidangnya masing-masing dan dapat diserap oleh dunia usaha sebagai pekerja,” katanya.

Selama 4 bulan perserta mengikuti pelatihan tentu telah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang cukup baik di tempat pelatihan kerja selama pembekalan maupun sambil bekerja ditempat usaha pada saat praktek magang.

“Untuk itu kami berharap kepada dunia usaha kiranya memanfaatkan keterampilan yang mereka miliki pada saat rekrutmen tenaga kerja sebagai karyawan para perusahaan dan tentu dengan syarat sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya.

Dia mengatakan bagi peserta yang telah selesai mengikuti program pemagangan ini sampai selesai. "Kami ucapkan selamat dan menyiapkan diri memasuki dunia kerja. Manfaatkan secra maksimal keterampilan yang sudah didapatkan dari pelatihan selama 4 bulan ini," katanya.  (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru