Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Utara: Desa/Kelurahan Ikut Andil Sukseskan Pembangunan Nasional

  • Oleh Ramadani
  • 17 Desember 2019 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengatakan tolak ukur keberhasilan pembangunan nasional tidak terlepas dari keberhasilan pembangunan tingkat desa atau kelurahan.

Untuk itu seluruh elemen baik pemerintah desa/kelurahan maupun lembaga kemasyarakatan dituntut mampu meningkatkan kemampuan dan kemandiriannya dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Menurutnya kader pembangunan manusia nantinya membantu desa dalam mendata kegiatan kesehatan dan pendidikan yang dituangkan dalam form laporan konvergensi pencegahan stunting.

Ini sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 193 Tahun 2018. Nantinya digunakan sebagai salah satu persyaratan pencairan dana desa tahap III.

Dikatakan, pemerintah pusat akan melihat berapa persen penggunaan dana desa yang dialokasikan untuk penanganan stunting. Tugas kader pembangunan manusia dalam hal membantu desa untuk mendata serta melaporkan masalah stunting bukan hal yang mudah.

“Untuk itu saya memohon kepada dinas sosial bisa memberikan arahan kepada kepala desa untuk memberikan insentif yang layak sesuai regulasi yang tidak menyalahi aturan kepada KPM,” katanya.

Sebab selama ini insentif yang diberikan desa kepada KPM jauh dari harapan, sehingga akan mempengaruhi pola kerja KPM dalam hal masalah stunting. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru