Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Imbauan Kepala Pelaksana BPBD Katingan Terkait Curah Hujan Yang Mulai Tinggi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 Desember 2019 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Curah hujan di wilayah Kabuaten Katingan sejak beberapa hari terakhir mulai tinggi. Akibatnya, debit air Sungai Katingan juga mulai meningkat dibanding sebelumnya.

Terkait ini, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga, Rabu, 18 Desember 2019 mengimbau kepada masyarakat terutama yang bermukim di bantaran sungai termasuk Sungai Katingan agar selalu berhati-hati.

"Mengingat curah hujan meningkat di musim  penghujan, saya mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di bantaran sungai maupun daerah rendah agar lebih hati-hati," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga.

Ia menyampaikan imbauan ini karena biasanya jika terjadi hujan lebat dalam jangka waktu cukup lama dengan penyebarannya merata, maka bisa menyebabkan daerah aliran sungai atau DAS Katingan meluap.

Selain diimbau lebih hati-hati kemungkinan datangnya banjir, warga juga diingatkan terkait bahaya terhadap penyakit yang bakal muncul di musim penghujan seperti sekarang ini.

Eka Surya Dilaga menggambarkan, biasanya penyakit yang bakal muncul di musim penghujan adalah diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Selain bisa menyebabkan malaria, gigitan nyamuk juga bisa menimbulkan gejala penyakit demam berdarah dengue atau DBD.

"Khususnya bagi daerah yang mulai tergenang air, agar berhati-hati terhadap kesehatan, terutama diakibatkan oleh nyamuk yang tumbuh berkembang di musim ini," tutur Eka Surya Dilaga. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru