Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Katingan Siaga Antisipasi Bencana Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 Desember 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan mengaku siaga dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir pada musim penghujan ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga, Rabu, 18 Desember 2019 menuturkan saat ini wilayah Kabupaten Katingan masih aman dari bencana banjir itu.

"Namun kita selalu siap siaga dalam mengantisipasi kemungkinan akan terjadinya bencana banjir yang terjadi hampir setiap tahun di Kabupaten Katingan," sebut Eka Surya Dilaga.

Menurutnya, saat ini mulai dari hulu sampai ke hilir, ketinggian air Sungai Katingan normal.

Namun apabila curah hujan tinggi, dan merata di setiap daerah tidak menutupkemungkinan daerah yang lebih rendah akan mengalami dampak banjir.

Untuk itu, kata Eka Surya Dilaga bagi wilayah-wilayah yang rendah agar dapat mempersiapkan sejak dini hal-hal yang mungkin dapat terjadi khususnya banjir.

Selain Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, Eka mengatakan sejauh ini daerah langganan banjir akibat luapan Sungai Katingan juga terjadi di Kasongan dan beberapa wilayah di Kecamatan Katingan Hilir,  Kecamatan Tasik Payawan dan wilayah Kecamatan Kamipang.

"Tapi biasanya banjir akibat luapan Sungai Katingan itu berlangsung tidak lama, dan kalau air sungai sudah tidak meluap maka banjir juga akan surut," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-7).

Berita Terbaru