Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Infalasi Sembako, DKPP Barito Utara Akan Budidayakan Tiga Tanaman

  • Oleh Ramadani
  • 18 Desember 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Untuk mencegah inflasi sembako, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan atau DKPP Kabupaten Barito Utara akan membudidayakan dan mengembangkan tiga tanaman. Yakni lombok, bawang merah dan bawang putih.

Menurut Plt Kepala DKPP Barito Utara, Ir Sugeng, bahwa di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan pada saat menjelang perayaan besar keagamaan dan hari besar nasional selalu terjadi inflasi sembako komoditas tersebut.

Oleh sebab itu, pihaknya telah melakukan pengembangan tiga tanaman ini dengan program Obor Pangan Lestari (Opal). Hal itu disebutnya untuk menekan inflasi sembako yang terjadi di Kabupaten Barito Utara  

“Karena selama ini, untuk tiga jenis sembako tersebut, kebutuhan masih disuplai dari daerah lain,” terangnya, Rabu 18 Desember 2019.

Program pengembangan budidaya ini akan dilaksanakan dan terus ditingkatkan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Barito Utara.

Selain itu, pihaknya juga akan mengadakan operasi pasar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Utara, menjelang perayaan natal 2019 dan tahun baru 2020 yakni berupa penyediaan ikan.

“Karena ikan merupakan kebutuhan masyarakat saat perayaan keagamaan dan tahun baru,” ucapnya.  

Di sisi lain, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Bulog Subdivre Muara Teweh dalam penyelenggaraan operasi pasar tersebut. Pihak Bulog juga akan menyediakan daging sapi beku, beras dan minyak goreng yang akan di jual kepada masyarakat dengan harga yang murah. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru