Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Harapkan Pembangunan Kawasan Pedesaan Berjalan di 2020

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 18 Desember 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas mengharapkan kegiatan Pembangunan Kawasan Pedesaan (PKP) dapat berjalan dengan lancar di tahun 2020. Itu disampaikannya saat membuka Rapat Tim Pembangunan Kawasan Pedesaan, Rabu, 18 Desember 2019.

Terkait itu, Ampera berharap desa-desa yang akan melakukan kerjasama dalam pembangunan kawasan pedesaan, agar melaksanakan musyawarah untuk menentukan pengembangan kawasan pedesaan.

"Sesuai dengan laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, tahun 2018 telah dibentuk PKP di Kecamatan Paju Epat, Kecamatan Pematang Karau, Kecamatan Paku, Kecamatan Karunsen Janang dan Kecamatan Dusun Tengah. Saya harapkan agar benar-benar dilaksanakan sesuai dengan petunjuk," imbuh Ampera.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Hudaya Husinsah melaporkan, pada tahun 2018 ditetapkan PKP pada beberapa kecamatan. Dengan rincian, kawasan agropolitan untuk desa di Kecamatan Pematang Karau, Desa Tampa dan Desa Luau Jawuk di Kecamatan Paku, serta Desa Ipu Mea dan Desa Wuran di Kecamatan Karunsen Janang.

"Kemudian, kawasan agrowisata di desa Kecamatan Paju Epat, kawasan pertanian dan pariwisata untuk Desa Rodok, Desa Sumber Garunggung, Desa Putai, dan Desa Netampin di Kecamatan Dusun Tengah," kata Hudaya.

Pada tahun 2019, juga diusulkan desa di Kecamatan Raren Batuah sebagai kawasan agropolitan dan pariwisata.

Hudaya mengakui, hingga saat ini kawasan pedesaan yang telah diterbitkan Surat Keputusan (SK), belum ada yang berjalan dan melaksanakan fungsinya, sesuai dengan hasil penetapan bersama.

"Pada umumnya alasannya sama, anggaran yang belum memadai untuk pelaksanaan," kata Hudaya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru