266.075 Wajib KTP di Kotim Sudah Lakukan Perekaman Data

  • Oleh Reno
  • 18 Desember 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 266.075 wajib KTP sudah melakukan perekaman data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kotim. Sementara total wajib KTP sebanyak 228.336 jiwa.

"Data itu terhimpun sampai dengan Juni 2019 atau semester I. Data itu berdasarkan konsolidasi bersih sementara Disdukcapil Kotim ke Kementerian Dalam Negeri," kata Kabid Pengelolaan Informasi dan Kependudukan Disdukcapil Kotim, Nur Cholifah, Rabu, 18 Desember 2019.

Menurutnya, dalam perjalanan waktu hingga pada Desember 2019, jumlah wajib KTP yang sudah melakukan perekaman dipastikan bertambah.

"Data bersih untuk semester 2 periode Juli - Desember 2019 akan kita laporakan pada Januari 2020," jelasnya.

Sejauh ini pihak Disdukcapil Kabupaten Kotim telah memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat Kotim, terutama di luar perkotaan.

"Untuk menggenjot itu dilakukan perekaman jemput bola ke desa-desa di kawasan hulu dan hilir. Itu juga berdasarkan permintaan dari pemerintah desa masing-masing," sebutnya.

Cholifah mengatakan, memang tidak semua warga desa yang mampu terekam secara keseluruhan. Karena ada yang bekerja di perkebunan kelapa sawit sehingga sulit mendapatkan izin kerja atau alasan lainnya.

"Proses jemput bola terus berjalan sampai hari ini. Kita akan memaksimalkan agar masyarakat yang belum memiliki KTP supaya segera terekam," jelasnya. 

Ia menambahkan, masyarakat telah menyadari bahwa KTP, KK, maupun akta kelahiran itu sangat penting untuk mengurus berbagai keperluan lainnya. (RENO/B-11)

Berita Terbaru