Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Dua Kecamatan Sebaran Janda Terbanyak di Kotawaringin Timur

  • Oleh Reno
  • 18 Desember 2019 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Selama 2019, ada 890 janda baru hasil sidang cerai gugat dan talak di Pengadilan Agama Kabupaten Kotawaringin Timur. Adapun sebarannya terbanyak di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang.

"Memang yang paling tinggi masih di wilayah perkotaan angka perceraian ini. Pertama di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan tertinggi kedua Kecamatan Baamang," kata Panitera Pengadilan Agama Kabupaten Kotim, Frisliyasi, Rabu 18 Desember 2019.

Menurutnya, untuk kecamatan lainnya masih relatif dan tidak terlalu menonjol secara signifikan. Baik di daerah Selatan maupun wilayah Utara.

"Dari data yang ada ini, paling banyak kasus cerai gugat dibandingkan cerai talak. Jumlah ini meningkat dari tahun 2018 lalu," jelas Frialiyasi.

Dalam persidangan, majelis hakim sudah berupaya memberikan masukan dan nasehat kepada kedua belah pihak, agar kembali dalam merajut hubungan rumah tangga.

"Upaya majelis memberikan nasehat kepada pihak penggugat dan tergugat. Jika tidak ada upaya perdaimaian dari pihak majelis, (putusan) batal demi hukum. Makanya setiap sidang selalu ada upaya damai," jelasnya. (RENO/B-11)

Berita Terbaru