Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jokowi Sebut Eks Pimpinan KPK Jadi Dewan Pengawas, Ini Kata Ruki

  • Oleh Teras.id
  • 18 Desember 2019 - 19:42 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membocorkan sedikit latar belakang calon Dewan Pengawas KPK yang masuk ke kantongnya. 

"Dewan Pengawas ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya lima," kata Jokowi dalam dialog bersama wartawan di Hotel Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu, 18 Desember 2019.

Jokowi memastikan, latar belakang karier Dewas KPK ini berasal dari hakim, jaksa, mantan pimpinan KPK, ekonom, akademisi, dan ahli pidana. "Saya kira itu namanya ya nanti ditunggu sehari saja kok, yang jelas nama-namanya nama yang baik lah, saya memastikan nama yang baik," ujarnya.

Seorang aparat penegak hukum mengatakan salah satu nama yang beredar adalah mantan Pimpinan KPK Taufiequrachman Ruki. Pensiunan polisi ini merupakan pimpinan KPK periode pertama lembaga itu berdiri. Pada 2015, ia sempat menjadi pelaksana tugas pimpinan KPK. 

Ketika dikonfirmasi, Taufiequrachman Ruki mengatakan belum tahu bahwa namanya diusulkan menjadi Dewan Pengawas KPK. Ia mengatakan hingga pagi ini belum ada pemberitahuan dari pemerintah.

"Saya belum tahu, karena sampai pagi ini belum ada atau mungkin juga tidak ada, pemberitahuan dari pemerintah," kata Ruki lewat pesan singkat, Rabu, 18 Desember 2019.

Seleksi kandidat anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilakukan oleh tim internal istana yang dikomandani Mensesneg Pratikno. Beberapa anggotanya adalah Ari Dwipayana, Sukardi Rinakit, Dini Purwono, dan Fadjroel Rachman.

Rencananya, penunjukkan Dewan Pengawas KPK akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan pimpinan KPK periode 2019-2023. (teras.id)

Berita Terbaru