Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Ternak Ayam di Kotim Banyak Dijual ke Pangkalan Bun

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Desember 2019 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Bupati Kotim, Taufiq Mukri menyebut jika hasil ternak ayam di daerahnya justru lebih banyak dijual ke Pangkalan Bun dibandingkan memenuhi kebutuhan daerah sendiri.

"Saat ini memang banyak peternak ayam pedaging kita yang memilih menjual ke Kabupaten Kotawaringin Barat, karena itulah permainan dagang," ujarnya, Rabu 18 Desember 2019.

Banyaknya peternak yang menjual ke luar daerah terutama Pangkalan Bun, karena di daerah ini bisa dijual lebih mahal. Sehingga hal itu berdampak jika permintaan ayam pedaging melimpah di Kotim, sehingga harus mendatangkan ayam dari luar daerah seperti Banjarmasin.

"Harusnya kita sudah bisa memenuhi kebutuhan ayam sendiri, tapi karena ada yang menjual ke luar daerah, maka kita juga harus mendatangkan dari luar daerah," katanya.

Dia menyebut banyaknya pedagang Pangkalan Bun yang membeli ayam pedaging terhadap peternak di Kotim, karena ongkos biaya angkut lebih murah jika dibandingkan dengan Banjarmasin yang jaraknya sangat jauh.

"Jadi mereka lebih memilih Sampit ketimbang mengambil ayam ke Banjarmasin, karena jarak tempuhnya lebih dekat, dan tidak mengeluarkan biaya tinggi," terangnya.

Kondisi ini menjadi perhatiannya agar nanti kebutuhan ayam di Sampit bisa terpenuhi dan bisa menjual ke luar daerah, sehingga bisa menekan jika terjadinya kenaikan harga. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru