Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ibu Kota Baru Berkonsep Kota Cerdas dan Forest City

  • Oleh Inilah.com
  • 18 Desember 2019 - 21:42 WIB

INILAHCOM, Balikpapan - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan desain Ibu Kota Negara (IKN) baru menggunakan konsep kota cerdas atau smart city dan forest city sekaligus dengan pemulihan dan perlindungan lingkungan.

Konsep ini menurutnya sesuai pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ini disampaikan Siti seusai mendampingi Jokowi meninjau lokasi IKN yang berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Lokasi IKN tepatnya pada Kawasan Hutan Produksi eks HTI Itchi Hutani Manunggal. Terkait dengan konsep pembangunan IKN yang menggabungkan konsep kota cerdas atau smart city dan forest city tersebut, lanjut Siti, KLHK sedang mendalami langkah kebijakan yang tepat untuk tujuan tersebut.

"Tentu saja dengan tetap menjaga habitat, terutama orangutan dan Bekantan, serta pemulihan lingkungan vegetasi dan penanganan eks tambang," ujar Siti, Rabu 18 Desember 2019.

Untuk itu ungkap Menteri LHK, direncanakan tahun depan akan dibangun kebun bibit persemaian modern pada areal seluas 120 Hektare, dengan produksi bibit paling sedikit 15 juta batang per tahun.

"Untuk membangun gagasan besar ini, segala sesuatunya dipersiapkan, terutama pada bagian tugas kami di KLHK, yaitu pada aspek lingkungan," ujarnya.

Dikemukakan Siti, KLHK telah melakukan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk menjadi dasar penyusunan masterplan IKN dan nantinya dalam RTRW yang akan memberi pengaruh pada Kebijakan Rencana dan Program (KRP) berdasarkan kondisi lapangan dan peraturan yang ada.

"Sambil terus dilakukan juga rehabilitasi hutan dan lahan yang proses pengerjaannya dimasukkan dalam kerangka waktu (time frame) yang sama," katanya.

Di lapangan ungkap Menteri Siti, presiden menegaskan kondisi eks HTI yang hijau dan cukup baik ini agar dijaga dan ditata dalam bentuk mozaik tanaman.

Artinya ada pohon-pohon fast growing karena eks HTI, tapi juga harus dikombinasi dengan pohon kayu keras dan lokal yang berumur panjang seperti kayu keras ulin terutama ditanam pada bagian lembah atau flood plain dan teras sungai.

Berita Terbaru