Pulau Salat Bisa Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pulang Pisau

  • Oleh Palangka Post
  • 19 Desember 2019 - 00:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pulau Salat yang terletak di Desa Pilang, Kabupaten Pulang Pisau saat ini tengah digadang-gadang akan mampu mendongrak perekonomian masyarakat. Sebab ke depan Pulau Salat yang saat ini dihuni oleh 36 orangutan akan dijadikan tempat pariwisata unggulan.

Dengan adanya rencana Pulau Salat dijadikan tempat wisata orangutan, maka masyarakat Desa Pilang menyambut baik akan rencana yang dilakukan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS).

"Kami yang tinggal dekat dermaga ini sangat senang dengan adanya rencana tempat pariwisata di Pulau Salat," ungkap Megi, Rabu 18 Desember 2019.

Ia mengatakan dengan adanya tempat pariwisata di Pulau Salat, maka warga yang tinggal di bantaran sungai khususnya yang punya perahu akan memiliki pekerjaan yang tetap dan memiliki penghasilan.

"Sebab sebelumnya ada mereka dari Pulau Salat yang datang ke kami membicarakan masalah penyewaan perahu setiap kali wisatawan datang berkunjung ke sana," tambahnya. 

Ia menjelaskan dengan adanya tempat pariwisata di Pulau Salat maka perkerjaan warga Desa Pilang akan bertambah. "Sebab di hari biasa warga di sini, kerjanya kalau tidak nelayan ya berkebun, " terangnya. 

Warga lainnya, Vera menambahkan jika warga sekitar merasa senang bisa melihat primata dilindungi.

"Datangnya orangutan ke Desa Pilang menjadi hiburan tersendiri bagi kami di sini. Kapan lagi liat primata dilindungi secara langsung, " tambahnya.

Dari pantauan Palangka Post group Borneonews.co.id, warga sangat antusias melihat kedatangan enam individu orangutan yang datang dari Nyaru Menteng, Kota Palangka Raya.

Suwarto pengantar buah makanan orangutan mengaku awalnya tidak mengetahui hewan primata dilindungi itu seperti apa.

Berita Terbaru