1.700 Penumpang Berangkat dari Kumai Jelang Natal dan Tahun Baru

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 Desember 2019 - 00:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu malam 18 Desember 2019 menjelang Natal dan tahun baru sebanyak 1.700 penumpang berangkat menggunakan 2 kapal yang dijadwalkan berlayar pada hari ini.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai, Wahyu Prihanto menjelaskan 2 kapal yang berangkat sekitar pukul 23.00 WIB yaitu KM Awu dan KM Dharma Kencana.

"Ada 1.300 penumpang berangkat menggunakan KM Awu dan 400 penumpang yang menggunakan KM Dharma Kencana. Kedua kapal ini berangkat menuju Pulau Jawa hingga Kupang NTT," jelasnya.

Menurutnya bila dibandingkan dengan data 2 tahun belakangan pada 2017 dan 2018 tahun ini diprediksi terjadi peningkatan jumlah penumpang sekitar 30 persen.

"Peningkatan penumpang ini selain banyaknya masyarakat pulang kampung jelang Natal biasanya menuju wilayah timur Indonesia juga bertepatan dengan masa liburan sekolah dan liburan tahun baru," jelasnya.

Berdasarkan data 2 tahun belakangan pihaknya sudah memprediksi kapan masa puncak keberangkatan penumpang jelang Natal dan tahun baru.

"Biasanya terjadi peningkatan penumpang pada H-2 hingga saat Natal dan H-2 tahun baru," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru