Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Harapan BPBD Kapuas pada Terbentuknya Desa Tangguh Bencana di Tajepan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Desember 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Terbentuknya desa tangguh bencana atau destana di Desa Tajepan, Kecamatan Kapuas Murung diharapkan dapat menjadi mitra BPBD Kapuas dalam membantu penanggulangan bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, destana bisa menjadi mitra yang bergerak cepat dalam penanganan kebencanaan. Baik di desanya sendiri atau sekitarnya.

"Dengan sudah dilaksanakanya pelatihan kebencanaan ini, masyarakat yang tergabung dalam forum Destana di Desa Tajepan diharapkan sudah siap menghadapi jika terjadi bencana," kata Sinaga, Kamis, 19 Desember 2019.

Adapun pelatihan dilaksanakan sejak 16 November - 18 Desember 2019. Jumlah pesertanya sebanyak 30 orang, terdiri dari masyarakat dan perangkat Desa Tajepan.

Dalam pelatihan, masyarakat terlibat aktif dalam mengkaji, menganalisis, menanagani, memantau, mengevaluasi, dan mengurangi risiko bencana yang ada di wilayahnya. Yakni dengan memanfaatkan SDM lokal demi menjamin keberlanjutanya.

"Destana ini dibentuk untuk pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat, mengurangi ancaman bencana, kerentanan masyarakat, dan meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan yang dilaksanakan masyarakat sebagai aktor utama," katanya.

Dia menegaskan, pihaknya akan terus membentuk dan mengembangkan destanya di desa-desa yang rawan bencana lainnya. Seraya mengharapkan kemandirian masyarakat dalam penanggulangan bencana.

"Sejak 2017 sampai sekarang, sudah terbentuk lima desa tangguh bencana di Kabupaten Kapuas," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru