Durian Ontek Undang Paling Diminati Warga

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Desember 2019 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejak beberapa hari ini buah durian mulai membanjiri kota Kasongan dan sekitarnya. Penjual durian banyak ditemui di tepi Jalan Trans Kalimantan wilayah Kasongan.

Namun durian yang dijual warga ternyata memiliki citarasa yang berbeda meski sama-sama manis dan khas. Ada durian yang dagingnya agak keras, namun ada pula durian yang berdaging lembek. Ada pula durian yang lunak namun tidak lembek.

Seperti durian Ontek undang, biasa disebut warga Kasongan memberi nama durian tersebut. Sekilas jika dilihat dari luar durian Ontek undang sama seperti durian lainnya yang juga memiliki duri tajam.

Namun bedanya duri yang ada agak jarang dan jika dibuka daging buahnya berwarna agak kekuningan. Sejauh ini durian ontek undang dihargai paling mahal dibanding durian lainnya.

"Kalau durian ontek undang ukuran sedang kita jual Rp 50 ribu per buah, sedangkan yang besar bisa sampai Rp 70 ribu," tutur Lilis, seorang penjual durian di Kasongan, Kamis, 19 Desember 2019.

Menurutnya durian Ontek undang selama ini paling banyak dicari. "Karena paling dicari, sehingga harganya agak mahal dibanding durian jenis lainya, sebab kami dapatnya juga tidak banyak," katanya.

Lilis menyebut pasokan durian didatangkan dari wilayah Kecamatan Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan.

Anto, penjual durian lainnya mengaku selain warga Kasongan dan sekitarnya, durian yang dia jajakan juga tidak jarang dibeli warga luar daerah seperti Sampot maupun Palangka Raya dan daerahnya lainnya.

"Kebanyakan yang borong adalah warga yang kebetulan lewat Kasongan baik tujuan Sampit maupun Palangka Raya. Kadang dimakan di sini, tapi kadang juga banyak yang dibawa pulang," katanya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru