Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perhiptani Siap Jadikan Barito Timur Penyangga Logistik Pangan Ibu Kota Negara

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 19 Desember 2019 - 22:42 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kabupaten Barito Timur sebagai garda depan bidang pertanian siap menjadikan sebagai daerah penyangga logistik pangan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Demikian dikatakan Ketua DPD Perhiptani Barito Timur, Franky diacara pertemuan rutin di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Paku, Kamis 19 Desember 2019.

Dia menjelaskan tujuan dibentuknya Perhiptani agar bersama pemerintah dan masyarakat bisa mewujudkan penyuluhan pertanian yang kuat dan modern melalui pengembangan sistem penyuluhan yang efektif, efisien dan produktif serta melalui pengembangan dan penyebarluasan ilmu, teknologi, metode dan manajemen penyuluhan.

"Saat ini di Barito Timur ada 106 penyuluh pertanian yang terdiri dari 75 penyuluh PNS dan sisanya penyuluh THL-TB dan penyuluh THL daerah," katanya.

"Tentunya 106 penyuluh ini adalah pasukan organik pak bupati dibidang pertanian dan ditambah lagi rekan-rekan kita Babinsa dan penyuluh swadaya, kami sebagai pasukan organik siap menyambut kebijakan Menteri Pertanian yang baru lewat Komando Strategi Pertanian atau Kostratani," imbuhnya.

Menurut Franky, Balai Penyuluh Pertanian yang ada di kecamatan akan menjadi pusat komando Kostratani sekaligus pusat koordinasi dan data, sehingga program satu data pertanian, BPS dan pemerintah daerah dapat tercapai.

Franky memastikan seluruh anggota Perhiptani Barito Timur siap mengawal segala kebijakan pemerintah daerah. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru