Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyuluh Agama Islam KUA Basarang Aktif Beri Layanan Warga Ingin Akikah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Desember 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Penyuluh Agama Islam, KUA Kecamatan Basarang Abdul Hamid aktif dalam memberikan pelayanan kepada warga yang ingin melaksanakan Akikah di wilayah setempat.

Abdul Hamid mengatakan Sebagai seorang penyuluh agama Islam tentu bukan hanya sekedar memberikan penyuluhan kepada masyarakat tetapi juga memperhatikan apa yang  diinginkan masyarakatnya seperti program akikah.

Seperti yang telah dilakukannya baru-baru ini, memenuhi hajat Majelis Taklim Darul Falah, Kecamatan Basarang yang meminta melaksanakan program aqiqah menyembelih seekor sapi sesuai  dengan sunah Nabi Muhammad SAW, kalau sudah mampu laksanakan akikah.

“Kami bisa membantu melaksanakan program Akikah ini. Karena ini mengerjalan yang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW sangat dianjurkan," ucap Abdul Hamid, Jumat, 20 Desember 2019.

Menurut dia selain mendapatkan pahala yang besar juga manfaat akikah mengandung unsur perlindungan dari sejumlah hal yang dapat mengganggu anak terlahir itu, sesuai makna hadist.

“yang artinya setiap anak tergandai dengan akikahnya, maka kalau sudah mampu tunaikanlah Insya Allah lebih telindungi," tuturnya.

Selain itu, Abdul Hamid mengatakan proses pelaksanaan akikah dapat memperkuat ukhuwah atau persaudaraan di antara masyarakat, serta menjadi sarana dalam merealisasikan prinsip-prinsip keadilan sosial contohnya saling berbagi masakan daging kepada fakir miskin.

Terkait itu, Kepala KUA Kecamatan Basarang Fahrurrazi sangat mengapresiasi dan mendukung program yang dilakukan Penyuluh di wilayah kerja mereka baik yang fFungsional PNS maupun yang non PNS.

"Tentunya ditunggu program lainnya yang juga bisa menginspirasi penyuluh lainnya," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru