Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Ini Tidak Ada Pendaftar Calon Kepala Desa pada Pilkades Kotim 2020

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Desember 2019 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Satu desa dari 43 desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2020 mendatang, tidak memiliki calon kepala desa, karena tidak ada pendaftarnya. 

"Ada satu desa yang tidak ada pendaftar sebagai calon kepala desa hingga batas akhir pendaftaran pada 17 Desember 2019 lalu," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kotim Hawianan, Jumat, 20 Desember 2019. 

Satu desa tersebut yakni Desa Biru Maju, Kecamatan Telawang. Belum diketahui persis penyebab tidak adanya pendaftar. Namun bisa jadi akibat tidak adanya sumber daya manusia (SDM) yang unggul di desa tersebut, atau karena adanya politik dari para warga yang berniat maju untuk calon Pilkades. 

"Ada beberapa faktor yang memungkinkan hal itu terjadi, kemungkina terbesar adalah politik dari masyarakat yang ingin mencalonkan diri. Sehingga bisa mempermudah mereka untuk menang dan menjadi kepala desa," kata Hawianan. 

Tidak adanya pendaftar calon Pilkades tersebut, membuat mereka harus memperpanjang pendaftaran selama 9 hari kedepan. Yakni hingga 27 Desember 2019 mendatang. 

"Jadi jadwal pendaftaran kami perpanjang. Jika nantinya tetap tidak ada pendaftar, maka Pilkades di desa tersebut akan ditunda hingga Pilkades selanjutnya," terang Hawianan. 

Perpanjangan pendaftaran juga terjadi di beberapa desa, yang hanya ada satu orang pendaftar saja. Hal itu dilakukan karena syarat untuk melaksanakan Pilkades minimal 2 orang calon. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru