Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Motif Kalakai, Telawang dan Mandau Jadi Berkah Bagi Kafilah Kalteng Diajang FSQ Nasional

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Desember 2019 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Motif kalakai, telawang dan mandau pada lomba fashion show menjadi berkah bagi kontingen kafilah Festival Seni Qasidah atau FSQ Kabupaten Katingan yang mewakili DPW LASQI Provinsi Kalteng diajang FSQ yang ke-24 tingkat nasional di Jakarta. 

Prestasi ini tentu saja mengharumkan nama daerah. Peserta asal Katingan yang mengikuti lomba fashion show putri dewasa itu adalah Norhayatun Thayibah. Ia dinobatkan oleh tim juri sebagai peserta terbaik I pada kategori tersebut.

Ketua DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia atau LASQI Kabupaten Katingan, Endang Susilawatie, Jumat, 2019 di Kasongan mengaku bangga dengan prestasi kafilah asal daerahnya yang mewakili Kalteng diajang nasional.

"Kabupaten Katingan yang mewakili Kalteng pada lomba fashion show FSQ ke 24 tingkat nasional di Jakarta kemarin membawa motif batik Kalimantan Tengah benang bintik, yang dipadukan dengan motif kalakai, telawang dan juga mandau. Alhamdulillah peserta putri meraih juara terbaik pertama dan putra terbaik kedua," ujar Ketua LASQI Kabupaten Katingan, Endang Susilawatie di Kasongan, Jumat, 20 Desember 2019.

Menurut Endang, prestasi yang diraih merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Katingan.

"Yang jelas kegiatan itu menyebarkan syiar Islami menuju Kalteng berkah, dan busana yang dikenakan peserta fashion show kita perbaduan kalakai, telawang dan mandau, Alhamdulillah dinobatkan jadi terbaik pertama untuk peserta putri dan terbaik dua untuk putra," imbuh Endang Susilawatie.

Selain itu, Kalteng juga mendapat terbaik 2 kategori lomba fashion show putra dewasa. Sementara lomba bintang vokalis dewasa putra dan putri kontingen kafilah Kalteng yang diperkuat kafilah asal Katingan mendapatkan juara harapan 2 tingkat nasional. (ABDUL GOFUR/B-7).

Berita Terbaru