Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lawan Yaris, New Suzuki Baleno Incar Penjualan 600 Unit per Bulan

  • Oleh Tempo.co
  • 21 Desember 2019 - 11:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan New Suzuki Baleno untuk pasar Indonesia, Jumat, 20 Desember 2019. Model ini mengisi segmen mini hatchback, bersaing dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Honda Jazz mendominasi penjualan di segmen ini. Sedangkan New Suzuki Baleno menempel ketat Toyota Yaris. Model dengan transmisi manual dipasarkan dengan harga Rp 221 juta dan varian otomatis Rp 233,5 juta.

4W Sales Director PT SIS, Makmur, menyampaikan harga model terbaru ini hanya mengalami kenaikan sebesar Rp 3 juta dibanding model sebelumnya.

Dalam peluncuran kemarin, model baru yang akan dipasarkan mulai 2020 itu ditargetkan sebesar 20 persen dari total pasar hatchback di Tanah Air. Dalam hitungan sederhana, jika total penjualan Hatchback berada di kisaran 2.500 unit hingga 3.000 unit. Oleh karena itu, diperkirakan New Baleno bisa terjual 450 unit hingga 600 unit per bulan.

Berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda Jazz mendominasi penjualan segmen mini hatchback. Honda Jazz membukukan 1.480 unit.


Angka ini menjadi yang terbesar dalam empat bulan terakhir. Capaian Honda Jazz itu bahkan jauh melampaui kompetitor utamanya Toyota Yaris, yang hanya membukukan 391 unit pada bulan Oktober.

Adapun Suzuki Baleno terus mengekor capaian Toyota Yaris dengan 338 unit. Disusul Mazda2 dan VW Polo yang capaiannya makin suram. Ya, tidak lebih dari 70 unit.

Jika melihat data dalam empat bulan terakhir, dari Juli hingga Oktober. Mobil hatchback relatif mengalami penurunan. Praktis hanya Honda Jazz, yang terus menunjukkan performa positif. Sedangkan Toyota Yaris, Suzuki Baleno, Mazda2, dan VW Polo cenderung menurun.

Berikut data penjualan wholesales dari Juli hingga Oktober 2019:

1. Honda Jazz

1.480 unit (Oktober)

931 unit (September)

862 unit (Agustus)

680 unit (Juli)

2. Toyota Yaris

Berita Terbaru