Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Maksimalkan Manfaat Ekonomi dari Pemindahan Ibu Kota

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Desember 2019 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Rihando mengatakan bahwa Kalteng saat ini telah persiapan maksimalkan manfaat ekonomi dari pemindahan Ibu Kota Negara.

"Terdapat sejumlah upaya yang dapat dilakukan agar Kalimantan Tengah bisa memaksimalkan manfaat ekonomi dari pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur," kata Rihando kepada Borneonews pada Sabtu, 21 Desember 2019.

Pertama, lanjutnya, mengingat potensi Kalimantan Tengah di sektor pertanian dan hortikultura, Kalimantan Tengah berpotensi untuk menjadi pemasok pangan ke Kalimantan Timur.

"Kedua, kenaikan permintaan dari Ibu Kota Negara baru tidak hanya pangan saja, tetapi juga barang konsumen," tambahnya.

Selanjutnya, kedua upaya tersebut menurut Rihando wajib disertai dengan perbaikan infrastruktur, terutama terkait konektivitas, baik antar provinsi maupun intra provinsi.

"Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur diprakirakan akan meningkatkan strategic importance dari wilayah Kalimantan secara keseluruhan, terutama sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara baru. Jadi walaupun Kalteng bukan Ibu Kota Negara, tetapi kita akan menjadi daerah penyangganya," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru