Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tunjuan Kelompok Tani Perhutanan Sosial Gunung Mas Lakukan Tanaman Campuran

  • 21 Desember 2019 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kelompok Tani Perhutanan Sosial  Kabupaten Gunung Mas melakukan penanaman campuran yaitu tanaman hutan jenis sengon dan tanaman jagung hibrida. 

Penanaman campuran ini diaksanakan di lokasi izin usaha pengelola hutan produksi kemasyarakatan (IUP HPKM) milik Koperasi Serba Guna Palangka Mas Sejahtera Desa Teluk Nyatu, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas. 

Ketua Poktan Perhutanan Sosial Kabupaten Gunung Mas, Suprapto mengatakan penanaman dilakukan untuk menunjukkan kepada masyarakat di Gunung Mas bahwa bertani itu tanpa harus merusak hutan dan tanpa harus berpindah-pindah. 

"Kami ingin menunjukan kepada masyarakat, khususnya kepada poktan bahwa bertani, tanpa harus merusak atau membakar hutan, bahkan tidak harus berpindah-pindah tempat," katanya,  Sabtu 21 Desember 2019.

Menutrunya jika berganti dengan cara perpindahan tempat yersbut pasti membuka lahan baru dan akan menambah kerusalan hutan. 

"Cara yang ingin kami ditujukan yakni berladang dengan memanfaatkan teknologi sebab di zaman sekarang alat untuk bertani sudah disediakan,  sehingga tanpa harus mengeluarkan tenaga exstra," ujatnya. 

Dangan memanfaatkan teknologi tersebut dia lanjutkan, jika dikelola dengan baik tentunya akan bisa menghasilkan pertanian yang produktif bahkan bisa menjadi sumber pendapatan bagi para petani itu sendiri.

Disisi lain, tujuan yang ingin ditunjukan pohaknha adalah bahwa bertani adalah usaha yang menjajikan dan tidak akan pernah habis. 

"Kami berharap, dangan apa yang kami lakukan ini kedepan pola pikir masyarakat di Gunung Mas dapat terbuka dan bisa berpatispasi dalam bidang pertanian," tuturnya. (HENDRA/B-5) 

Berita Terbaru