Diprediksi Cuaca Kobar Cenderung Berawan Saat Gerhana Matahari Sebagian

  • Oleh Wahyu Krida
  • 21 Desember 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Iskandar Kelas III Kotawaringin Barat (Kobar), kondisi cuaca di Kobar dan sekitarnya saat terjadi Gerhana Matahari Sebagian, Kamis, 26 Desember 2019 cenderung berawan.

Kepala BMKG Iskandar Kelas III Kobar Slamet Riyadi, Sabtu, 21 Desember 2019 menjelaskan walaupun kondisi cuaca berawan, diperkirakan fenomena tertutupnya sebagian matahari oleh bayangan bulan tersebut masih bisa terlihat.

"Karena dari data prediksi cuaca, pada pagi hari di Pangkalan Bun dan sekitarnya, kondisi cuaca cerah berawan. Namun sekitar pukul 10.00 -12.00 WIB yang menjadi waktu dimulai dan saat puncak gerhana matahari sebagian,  kondisi cuaca cenderung berawan," jelas Slamet.

Tetapi, menurut Slamet, pihaknya bakal menyampaikan  update cuaca pada H-3 terjadinya gerhana matahari sebagian di Kabupaten Kobar.

"Walau di Kalimantan hanya ada beberapa  kabupaten/kota di Kalbar, Kaltim dan Kaltara yang beruntung menyaksikan ring of fire atau cincin api pada fase puncak Gerhana Matahari Cincin di Pulau Kalimantan, kita di Pangkalan Bun dan sekitarnya  berharap agar cuaca saat itu dalam kondisi cerah," jelas Slamet. 

Sehingga, menurut Slamet, paling tidak posisi bulan yang menutupi matahari dan menyebabkan matahari terlihat berbentuk sabit bisa terlihat jelas. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru