Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kapuas Imbau Warga Jaga Alat Deteksi Dini Banjir dan Prasarana di Sei Pinang

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Desember 2019 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga kembali mengimbau warga untuk menjaga dan memelihara alat deteksi dini banjir atau Early Warning System (EWS) maupun rambu jalur evakuasi di Desa Sei Pinang, Kecamatan Mandau Telawang.

"Kami imbau masyarakat untuk dapat menjaga dan memlihara prasarana tersebut agar tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya saat diperlukan," ucap Panahatan Sinaga, Sabtu, 21 Desember 2019.

Dengan adanya peralatan atau prasarana tersebut, ia berharap dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana, khususnya banjir, yang rawan terjadi di wilayah setempat.

Saat ini, lanjut dia, di wilayah Kecamatan Mandau Talawang tepatnya Desa Sei Pinang sudah terpasang alat pendeteksi dini bencana banjir yang difasilitasi oleh BNPB. Sehingga, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat ketika tiba-tiba banjir datang.

Kemudian juga dalam meningkatkan kesiapsiagaan sudah terpasang jalur evakuasi dan papan informasi bencana banjir di empat kecamatan yaitu, Kecamatan Mandau Talawang, Kapuas Hulu, Pasak Talawang dan Kapuas Tengah.

"Kami harapkan ini bisa jadi perhatian. Terlebih karena berdasarkan prediksi BMKG saat ini Kabupaten Kapuas telah memasuki awal musim penghujan, dan berpotensi terjadinya cuaca ekstrem," ucapnya.

Selain itu, dia berharap dengan maksimalnya prasarana tersebut, nantinya dapat meminimalisir resiko jika terjadinya bencana, khususnya jika banjir di wilayah tersebut. "Karena dalam penanggulangannya juga perlu kerjasama bersama instansi terkait lainnya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru