Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua TP PKK Kabupaten Barito Utara Resmikan Posyandu Lansia dan Posbindu PTM

  • Oleh Ramadani
  • 21 Desember 2019 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau TP-PKK Barito Utara, Sri Hidayati Nadalsyah di dampingi Ketua GOW Barito Utara Nilasari meresmikan Posyandu Lansia dan Posbindu PTM Amanah di Jalan Wonorejo Kelurahan Melayu, Sabtu 21 Desember 2019.

Sri Hidayati mengatakan bahwa Posyandu lansia atau Pos Pelayanan Terpadu lanjut usia adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.

Jadi, lanjunya, Posyandu lansia merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan yang dilaksanakan oleh kader posyandu dan di dampingi oleh Puskesmas.

“Posyandu lansia adalah tempat pelayanan kesehatan kepada usia lanjut dengan melibatkan peran aktif masyarakat melalui kader kesehatan,” kata Sri Hidayati.

Ketua TP PKK Barito Utara ini berharap dengan diresmikannya Posyandu Lansia dan Posbindu PTM, masyarakat di sekitar dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan yang mana rata-rata adalah berusia lansia. Sedangkan Posbindu PTM lebih diperuntukan memantau kesehatan masyarakat yang berusia 15 tahun ke atas.

“Dengan adanya pemeriksaan Iva test dapat mendeteksi sedini mungkin penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim dari berbagai usia yang beresiko menderita kanker serviks. " jelas Sri Hidayati.

Sementara itu, Lurah Melayu Redy Nugraha menyampaikan bahwa Posyandu Lansia dan Posbindu PTM Amanah merupakan wujud peran serta dalam kegiatan pelayanan kesehatan.

“Ini menjadi salah satu upaya kesehatan masyarakat yang selanjutnya berkembang menjadi upaya kesehatan bersumber daya masyarakat dalam pengendalian faktor risiko PTM di bawah pembinaan puskesmas," ujar Redy.(RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru