Tips Atur Keuangan Rumah Tangga, 20 Persen untuk Utang Produktif

  • Oleh Teras.id
  • 22 Desember 2019 - 10:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pendapatan rumah tangga setiap bulan harus dialokasikan sesuai prioritas dengan cara membagi dalam persentase, antara lain untuk kebutuhan membayar utang produktif, kebutuhan masa kini, membayar utang konsumtif, juga asuransi.

Regional Head of Agency Development Sequis Fourrita Indah mengatakan, siapkan minimal 20 persen dari pendapatan untuk membayar utang produktif, seperti cicilan rumah atau apartemen, sekitar 15 persen untuk membayar utang konsumtif dan cicilan kendaraan.

Selanjutnya, minimal 10 persen alokasikan untuk tabungan dan atau investasi. Ada baiknya juga jika dari prioritas pertama ada kelebihan dana maka tambahkan dana tersebut dalam tabungan.

Persentase terbesar 45 persen untuk kebutuhan masa kini, seperti  biaya rumah tangga, biaya belanja,  biaya listrik, keamanan, gaji ART (Asisten Rumah Tangga), biaya sekolah anak, dan biaya lainnya yang wajib dibayar setiap bulan.

"Selanjutnya, minimal 10 persen jangan lupa alokasikan untuk membayar premi asuransi,” kata Fourrita.

Mengenai asuransi, jangan lupa dalam memilih produk yang sesuai dengan skala prioritas Anda. Apakah prioritas untuk proteksi keuangan keluarga, dana kesehatan, atau untuk dana pendidikan anak.

Asuransi Pendidikan

Untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik, Anda harus cermat memilih sekolah yang tepat bagi buah hati tercinta. Akan tetapi, pendidikan yang berkualitas membutuhkan biaya yang tinggi.

Jadi, siapkan dana pendidikan sejak dini agar tersedia dana pendidikan bagi buah hati di masa depan dan memudahkan Anda memilih sekolah yang tepat bagi mereka.

Fourrita mengingatkan pentingnya menyiapkan dana pendidikan karena pendidikan anak bersifat jangka panjang dan akan membutuhkan dana besar. Biaya pendidikan pun cenderung meningkat dan mengalami kenaikan minimal 10 persen setiap tahunnya.

Menyiapkan dana pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, melalui asuransi pendidikan yang dapat disiapkan sejak anak berusia 1 bulan karena pada saat itu, usia orang tua masih muda dan produktif, diperkirakan masih sanggup membayar premi dalam jangka waktu yang panjang.

Berita Terbaru